Violin Karol Lipinski

Karol Józef Lipiński (30 Oktober 1790 – 16 Desember 1861) adalah seorang komposer musik dan pemain violin virtuoso yang aktif selama pembagian Polandia. Universitas Musik Karol Lipiński di Wrocław, Polandia dinamai menurut namanya. ¹ Dia dikenal sebagai “Paganini Polandia” karena kemampuannya yang luar biasa dalam memainkan instrumen tersebut. Dia juga berteman dan berkolaborasi dengan beberapa musisi terkenal lainnya, seperti Niccolò Paganini, Frédéric Chopin, Robert Schumann, dan Franz Liszt.

Kehidupan dan Karier

Lipiński lahir di Radzyń Podlaski. Ayahnya adalah Feliks Lipiński (1765-1847), seorang musisi yang bekerja di istana-istana bangsawan sebagai direktur orkestra dan guru musik. Lipiński mulai belajar biola pada usia lima tahun di bawah bimbingan ayahnya, tetapi segera melampaui kemampuannya dan belajar secara mandiri. Dia juga belajar bahasa, sastra, dan melukis. Pada tahun 1810, dia menjadi pemain biola utama dan dua tahun kemudian menjadi konduktor orkestra opera di Lwów (sekarang Lviv, Ukraina).

Pada tahun 1817, dia pergi ke Italia dengan harapan mendengar Niccolò Paganini. Keduanya bertemu di Milan, bertemu setiap hari untuk bermain, dan bahkan melakukan dua konser bersama pada bulan April 1818, yang sangat meningkatkan reputasi Lipiński. Paganini mendedikasikan Variasi Burlesque-nya pada “La Carnaval de Venise”, Op. 10 untuk biola solo kepada Lipiński. Kemudian, pada tahun 1827, Lipiński membalas kehormatan itu dengan mendedikasikan “Tiga Caprices untuk Violin” kepada Paganini.

Pada tahun 1818 saat kembali ke Polandia, dia berhenti di Trieste untuk menerima instruksi dari Dr Mazzurana, seorang mantan murid Giuseppe Tartini yang sudah sangat tua; Mazzurana berusia sembilan puluh tahun, dan tidak bisa bermain lagi, tetapi memberikan kritiknya tentang penampilan Lipiński dari salah satu sonata Tartini. Selama itu juga, dia juga melakukan konser bersama dengan pianis dan komposer Polandia Maria Agata Szymanowska .

Pada tahun 1820 dia pergi ke Berlin di mana dia bertemu Louis Spohr, dan ke Rusia. Pada tahun 1829 dia pergi ke Warsawa, dan memainkan serangkaian konser dengan Paganini pada musim panas itu yang dihadiri oleh Frédéric Chopin yang berusia sembilan belas tahun. Namun, persaingan berkembang antara Lipiński dan Paganini yang menghancurkan persahabatan mereka. Setelah itu, setiap kali Paganini ditanya siapa pemain biola terhebat, dia akan berkata “Saya tidak tahu siapa yang terhebat, tetapi Lipiński pasti yang kedua terhebat”.

Pada tahun 1835-36 dia melakukan tur panjang, di mana dia bertemu Robert Schumann di Leipzig. Schumann sangat terkesan sehingga ia mendedikasikan Carnaval , Op. 9 kepadanya. Pada tahun 1836 ia mengunjungi Inggris dan memainkan Konser Militer-nya dengan Royal Philharmonic Orchestra . ¹ Pada bulan Juni 1839 ia menerima penunjukan ganda di Dresden , sebagai konsermaster Royal Oratory dan kapellmeister di kapel istana . ² Dengan tugas-tugasnya di Dresden , ia berhenti melakukan tur sebagai virtuoso , tetapi berkonsentrasi pada musik kamar , dengan perhatian khusus pada kuartet gesek Beethoven . Di sini ia juga memberikan resital bersama dengan Liszt , melakukan Sonata Kreutzer Beethoven . Dia mengembangkan reputasi besar sebagai satu-satunya saingan serius untuk Paganini. Henryk Wieniawski mendedikasikan Polonaise de concert , Op.4 kepada Lipiński , seperti Ignacy Feliks Dobrzyński Kuartet Gesek No. 2-nya , Op.40 . Dia pensiun dengan pensiun pada tahun 1861, dan meninggal di desa Virliv (wilayah Ternopil , Ukraina ). Dia adalah pemilik dua biola , satu dibuat pada tahun 1715 oleh Antonio Stradivari dan yang lain oleh Giuseppe Guarneri del Gesù .

Karya-karya

Karya-karya Karol Lipiński didominasi oleh karya-karya instrumental , dengan peran istimewa yang disediakan untuk biola , seperti yang dapat dilihat dalam pembukaan opera Kłótnia przez zakład (‘The Quarrel over a Bet’), di mana biola memainkan peran instrumen concertante . Jelas bahwa Lipiński menyusun karyanya sendiri dalam pikiran. Dia menulis tiga konser untuk biola dan orkestra (dalam D minor op. 21 , F minor op .14 , F sharp minor op .22 ), dua rondo untuk biola dan orkestra (dalam A major op .13 , E minor op .16 ), variasi-variasi untuk biola dan orkestra (dalam A major op .11 ), tiga caprices untuk biola solo atau biola dan piano (op .10 ), tiga polonaises untuk biola solo atau biola dan piano (op .9 ), trio untuk dua biola dan cello (dalam A major op .12 ), duet-duet untuk dua biola (op .6 ) , sonata-sonata untuk biola solo atau biola dan piano (op .8 ) , fantasia-fantasia untuk biola solo atau biola dan piano (op .15 ) , serta beberapa karya lainnya yang tidak diberi nomor opus atau hilang. Dia juga menulis beberapa karya vokal-instrumental , termasuk opera Kłótnia przez zakład (‘The Quarrel over a Bet’), cantata Umarły (‘The Dead’), lagu-lagu patriotik seperti Mazurek Dąbrowskiego (‘Dąbrowski’s Mazurka’) atau Pieśń Legionów Polskich we Włoszech (‘Song of the Polish Legions in Italy’), serta lagu-lagu religius seperti Te Deum atau Miserere .

Gaya komposisi Lipiński dipengaruhi oleh tradisi musik Polandia , terutama polonaise , mazurka , krakowiak , oberek , dumka , serta musik rakyat Podolia . Dia juga menggabungkan unsur-unsur dari musik Italia , Jerman , Prancis , Rusia , Turki , Yahudi , Armenia , Hongaria , Rumania , dll., mencerminkan pengalamannya sebagai pelancong kosmopolitan . Dia menggunakan teknik-teknik violinistik yang canggih dan inovatif , seperti pizzicato ganda atau tripla corda (memetik dua atau tiga senar sekaligus), harmonik ganda atau tripla corda (memainkan dua atau tiga nada harmonis sekaligus), staccato volante (memainkan nada-nada cepat dalam satu busur), ricochet (memantul busur dari senar), scordatura (menyetel senar secara tidak biasa), tremolo sul ponticello (menggetarkan busur dekat jembatan), col legno (memukul senar dengan kayu busur), glissando (meluncur dari satu nada ke nada lainnya), dll. Dia juga menunjukkan kemampuan improvisasi yang luar biasa dalam variasinya . Meskipun demikian, dia tidak hanya mengejar efek virtuositas semata-mata, tetapi juga menciptakan karya-karya yang memiliki nilai

estetis dan ekspresif. Dia menggabungkan unsur-unsur klasik dan romantik dalam karyanya, mencerminkan perkembangan musik Eropa pada abad ke-19.

Warisan dan Pengaruh

Karol Lipiński meninggalkan warisan yang kaya dan beragam sebagai komposer, pemain biola, guru, dan organisator musik. Dia dihormati oleh rekan-rekannya sebagai salah satu pemain biola terbesar di zamannya, dan juga sebagai seorang komposer yang orisinal dan kreatif. Dia juga berkontribusi pada perkembangan musik Polandia dengan mendukung bakat-bakat muda seperti Henryk Wieniawski, Stanisław Moniuszko, Józef Elsner, dan Fryderyk Chopin. Dia juga mempromosikan musik klasik Polandia di luar negeri dengan membawakan karya-karya dari Michal Kleofas Ogiński, Karol Kurpiński, Józef Ksawery Elsner, dan Fryderyk Chopin. Dia juga memperkenalkan musik dari Beethoven, Schubert, Mendelssohn, Schumann, Liszt, dan Wagner ke Polandia.

Karol Lipiński dihormati oleh banyak institusi dan organisasi musik di Polandia dan di luar negeri. Universitas Musik Karol Lipiński di Wrocław , Polandia dinamai menurut namanya. Ada juga Kompetisi Biola Internasional Karol Lipiński yang diadakan setiap empat tahun sekali di Toruń , Polandia . Ada juga beberapa orkestra , ansambel , sekolah , jalan , taman , monumen , perangko , dan medali yang didedikasikan untuknya atau dinamai menurut namanya. Karya-karyanya masih dimainkan dan direkam oleh pemain biola terkenal seperti Konstanty Andrzej Kulka , Piotr Pławner , Bartłomiej Nizioł , Agata Szymczewska , Janusz Wawrowski , Jarosław Żołnierczyk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *